Skip to main content

Kisah Ummu Sulaim yang patut diteladani :)

Assalamu'alaikum para muslimah , bidadari surgaa ... Aamiin :)
Gimana aktivitasnya hari ini?
Semoga Allah selalu memberikan kelancaran yaa :)
Yuuhu.. kali ini, saya ingin berbagi kisah mengenai sahabiyah yang mana beliau adalah orang yang tegar, sabar & mendidik anak-anaknya dengan baik,
yuk disimak ceritanya , cekidot ...
Beliau adalah Ummu Sulaim binti Malhan bin Khalid bin Zaid bin Hiram bin Jundub Al Anshariyah, ibu dari Anas pelayan Rasulullah SAW.
Suami nya yg pertama bernama : Malik bin Nadhr, ayahnya Anas.
Ketika Ummu Sulaim masuk Islam , suaminya marah , kemudian keluar rumah & meninggal , saat itu beliau berjanji tidak akan menikah lagi sampai Anas merestuinya , Ummu Sulaim mendidik Anas hingga Anas menjadi tokoh penyebar hadist Rasulullah SAW.

ini nih yang paling berkesan , hehe...
❤ Masuk Islam sebagai Mas Kawinnya
Sebagian orang tidak henti-hentinya membicarakan tentang kemuliaan Anas & ibunya , sehingga Abu Thalhah terpesona. Beliau pun memberanikan diri untuk meminang Ummu Sulaim dengan bersedia memberikan mas kawin yang sangat mahal, tapi Ummu Sulaim menolaknya karena Abu Thalhah adalah orang kafir , kemudian Abu Thalhah masuk Islam & menikah dengan Ummu Sulaim
Dari pernikahannya dengan Abu Thalhah, dikaruniai seorang putera. Suatu hari anak nya sakit. Dan Abu Thalhah pergi untuk berdagang.
Sampai suatu ketika anaknya yang sakit tadi meninggal dunia. Kemudian Ummu Sulaim memandikan dan mengkafani dan menidurkan anaknya.

Ketika suaminya pulang, suaminya bertanya bagaimana keadaan anak kita? Ummu Sulaim menjawab, anak kita sudah dalam keadaan tenang. Pada saat itu suaminya di sambut dgn senyuman dan dandanan yg begitu cantik. Ia layani suaminya dan dipenuhi hak2 nya sebagai seorang suami. Disiapkan makanan, dan dilayaninya.

Setelah Ummu Sulaim selesai melayani suaminya. Ia baru berkata pada suaminya, "Suamiku, jika ada org yg menitipkan titipannya pada orang lain, dan orang itu memintanya kembli, apakah salah?"
"Tidak," jawab suaminya. Karena itu bukan milik orang itu."
"Begitupun dgn anak kita, dia telah diambil oleh Allah SWT"

Maka, Abu Thalhah pun jengkel pada istrinya dan menemui Rasulullah SAW utk mengadukan sikap istrinya.
Namun apa jawabannya Rasulullah? Beliau bersabda, " Sesungguhnya apa yang istrimu lakukan itu adalah benar. Dan istrimu adalah salah satu calon penghuni surga."
"Apakah istrimu melayani mu seperti malam pertama?"
"Iya, Ya Rasulullah"
"Pulanglah, dan aku akan berdoa, semoga keberkahan tercurah kepada kalian"

Setelah pulang, tak lama kemudian Ummu Sulaim mengandung, dan kematian anaknya diganti Allah dgn 9 anak laki2 dmn semuanya adalah penghafal Al-Qur'an. Dan salah satunya ialah Anas bin Malik yg terkenal sebagai ahli hadits. Masyaa Allaah..

Comments

Popular posts from this blog

Beasiswa Riau Tahun 2014

Syarat-syarat beasiswa Gubernur Riau : 1. Surat Permohonan Beasiswa kepada Gubernur Riau 2. Foto copy Kartu Mahasiswa 3. Foto copy KTP yang dilegalisir 4. Foto copy Kartu Keluarga + KTP orang tua yang dilegalisir 5. Surat Keterangan Aktif Kuliah Asli 6. Surat Keterangan Tidak sedang menerima Bea Siswa dari Instansi lain 7. Kartu Hasil Studi/ Transkip Nilai yang dilegalisir oleh Dekan Fakultas 8. Surat Tidak Berstatus PNS dari lurah 9. Pas photo ukuran 4 x 6 sebanyak 2 lembar 10. Slip rincian SPP dari Bank tempat pembayaran 11. Surat Pernyataan tidak akan menuntut hasil verifikasi dari tim seleksi Bea Siswa pendidikan Kabupaten Kampar 12. Foto copy akte kelahiran 13.Surat Kelakuan Baik dari Fakultas

Titik Balik Kehidupan

Hijrah? Dulu pernah mengatakan hal itu, ketika diri ini ingin memperbaiki diri dan kembali di jalan-Nya & ingin bertemu kekasih-Nya suatu saat di akhirat. Rasulullah SAW sebaik-baik manusia & sebaik-baik teladan. Perasaan ini begitu bergejolak, ingin bisa kembali kepada-Nya dalam keadaan husnul khotimah. Sadar akan dosa-dosa yang telah di perbuat. Teringat akan sahabat-sahabat yang selalu mengingatkan dalam kebaikan , namun menjauh karena sesuatu yang tidak di mengerti , kurangnya pemahaman & ilmu yang kurang di miliki. Ingin sekali mengatakan , "aku ingin kembali, kembali bersama menempuh ilmu bersama". Benar saja kata imam syafi'i , "jika engkau punyai teman dalam rangka ketaatan kepada Allah, maka peganglah dia erat-erat dan jangan sesekali kau lepaskannya. Karena mencari teman baik itu susah. Tetapi melepaskannya sangat mudah sekali ." Bersyukurlah jika ada teman yang selalu mengingatkan mu untuk berbuat baik, karena dia begitu menyayangimu , b

Rezeki tak Terduga

Hari ini saat saya pulang dari kampus, saya pergi membeli makanan untuk berbuka puasa saat itu di gerobak sate pinggir jalan. Di sana, saya menyapa anak kecil yang bersama ibunya yang juga sedang menunggu pesanan satenya. Kebanyakan para perempuan terutama saya sangat menyukai anak kecil, sehingga saya selalu bertanya kepada ibu dan anak kecil tersebut. Sampai bisa di katakan SKSD alias Sok Kenal Sok Dekat. Pada saat saya ingin membayar pesanan saya, alangkah kagetnya ternyata pesanan saya telah di bayar oleh ibu tersebut dan juga memberikan minuman untuk saya, walaupun ibu tsb tidak memberikan langsung kepada saya. Beliau memberi nya lewat bapak pedagang sate yang bejualan tsb. subhanaAllah, Allah telah memberikan rezeki kepada hamba-Nya yang tidak terduga. Saya yakin semangat untuk berbagi kepada orang yang membutuhkan bisa mendatangkan berbagai pertolongan yang tak terkira dari Allah SWT. Berbagi kepada orang lain tak hanya lewat harta, namun bisa berupa jasa, ilmu, dan apa pun yang